-->

Cara Mengatasi Komputer tiba tiba Restart Sendiri

Cara Mengatasi Komputer tiba tiba Restart Sendiri
Sulit untuk mendiagnosis masalah restart komputer tiba-tiba, karena ketika restart, tidak ada pesan kesalahan yang menjelaskan mengapa. Berikut adalah daftar komplikasi yang dapat menyebabkan PC tiba-tiba restart untuk membantu Kamu mempersempit kemungkinan solusi.

Langkah Langkah untuk Mengatasi Masalah Restart Otomatis:

1. Memori Rusak atau Masalah Ram

Dalam kebanyakan kasus, restart komputer secara tiba-tiba adalah karena modul RAM yang dinonaktifkan. memori generik memiliki masalah yang sangat kecil yang dapat mencegah PC bekerja dengan benar.

Untuk memperbaikinya, kamu perlu memeriksa memori dengan tester Memtest RAM. Hasil Memtest mudah dianalisis: jika layar beranda menyimpan tabel yang sama setelah setidaknya satu lompatan penuh, dapat mengasumsikan bahwa memori dalam kondisi baik; jika garis tambahan muncul, memori rusak.

Kamu juga bisa mencoba dengan membersihakn RAM dengan penghapus , dengan menghapus bagian kuningan searah.

2. Masalah Perangkat Keras (Hardware)

Jika kamu berurusan dengan  perangkat keras, kamu harus mulai dengan mencoba memperbarui driver komputer. kamu dapat mengunduh versi terbaru di halaman pembuat atau di bagian unduhan driver CCM.

Jika itu tidak berhasil, mungkin perlu me-restart komputer menggunakan beberapa periferal mungkin. Lepaskan semua drive CD, perekam, modem Internet, printer, disk hard disk pelengkap, dll. Lanjutkan secara manual ulang perangkat kamu hingga tidak lagi merestart sendiri. Ketika rebooting berhenti, hubungkan kembali periferal satu per satu hingga masalah terjadi lagi.

3. CPU Overheating (Terlalu Panas)

Untuk memastikan bahwa masalah kamu bukan hasil dari CPU yang terlalu panas. Periksa suhu prosesor kamu menggunakan program Everest atau utilitas motherboard kamu. Jika terlalu tinggi, kamu perlu memasang kipas yang lebih kuat.

Jika perlu, itu akan menjadi ide yang baik untuk menghilangkan debu yang ada di dalam casing menggunakan pompa udara, misalnya. Ini tidak hanya akan sangat mengurangi kebisingan yang dibuat oleh komputer, tetapi kadang-kadang juga dapat menurunkan suhu sekitar PC dan, karenanya, dari prosesor.

4. Power Supply Rusak

Dalam kasus Power Supply Rusak yang rusak, solusinya adalah dengan mengalihkan sumber daya ke sumber yang lebih kuat. kamu mungkin perlu memeriksa perangkat kamu oleh seorang profesional.

Restart mungkin juga disebabkan oleh gangguan dari jaringan listrik perusahaan kamu. kamu  dapat meminta perusahaan utilitas kamu untuk datang dan memeriksa jaringan listrik. kabel power supply yang tidak pernah terputus (stabilizer) akan memecahkan masalah ini.

5. Masalah Perangkat Lunak

Jika masalah dimulai tepat setelah kamu menginstal perangkat lunak atau driver khusus, ini mungkin menyebabkan komputer kamu untuk memulai kembali. Untuk mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu menghapus perangkat lunak atau memperbarui driver yang bertanggung jawab.

6. Perangkat Keras 

Lakukan peninjauan komplit terhadap komputer, termasuk motherboard, prosesor, kartu grafis, kartu suara, dll. Seorang teknisi juga dapat melakukan ini untuk kamu, memeriksa peralatan dengan mengganti setiap komponen satu per satu.

7. BIOS

Periksa apakah frekuensi memori sudah benar dan waktu latensi sesuai dengan pengaturan pabrik.

Kamu juga dapat melakukan pembaruan BIOS, dengan pergi ke situs web pabrikan motherboard. Jangan lupa untuk membuat cadangan BIOS kamu saat ini ke media eksternal.

8. Virus

Virus bisa menjadi salah satu penyebab utama PC yang tiba-tiba restart sendiri. Ada banyak jenis virus yang menyebabkan masalah ini, tetapi remover virus yang baik harus menyelesaikannya dengan sedikit ketidaknyamanan.

9. Restart Otomatis Diaktifkan

Komputer Windows memberi kamu kemampuan untuk mengaktifkan restart otomatis komputer kamu. Jika ini yang menyebabkan masalah, kamu cukup menonaktifkannya.
  • Buka menu Mulai> Panel Kontrol> Kinerja dan Pemeliharaan> Sistem. Atau, kamu dapat mengklik kanan My Computer dan memilih Properties.
  • Klik Lanjutan> Mulai dan Pemulihan> Pengaturan. Hapus centang pada kotak di sebelah Mulai ulang otomatis.
  • Untuk komputer Windows XP, prosesnya berbeda. Klik tombol Start> Run .... Ketikkan shutdown -a, lalu klik OK.
Itu saja cara yang bisa kamu gunakan untuk Mengatasi Komputer tiba tiba Restart Sendiri semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer tiba tiba Restart Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel