-->

Apa Itu SEO? Manfaat dan Cara Kerja SEO

Apa Itu SEO? Manfaat dan Cara Kerja SEO
Apa itu SEO? banyak dari kita pasti belum tau apa arti dari katu tersebut.SEO Sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti  serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume  kualitas trafik kunjungan melalui  pencari menuju situs web tertentu dengan dengan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut

Kenapa harus tau SEO. gak harus, cukup kenal saja sudah cukup karena tujuan seo adalah menempatkan  situs web yang kita kelolah. pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. dan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Apakah mulai tertarik dengan SEO setelah tau tujuan nya.

Seo sendiri juga  memiliki banyak manfaat sebagai berikut:
  1. Menjadikan Website dapat dikenali oleh mesin pencari, seperti Google Search Engine. 
  2. Menjadikan Website berada pada urutan teratas dalam pencarian di mesin pencari. 
  3. Menjadikan Website lebih relevan dengan pencarian menggunakan keyword tertentu.
  4. Menjadikan Website lebih berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung.
  5. Menaikkan trafik pengunjung website di mesin pencari.
Apabila web tersebut menempati peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll, maka traffic visitor atau lalu lintas pengunjung dari web tersebut akan mengalami peningkatan.

Bagaimana cara kerja seo?

Cara kerja Seo sangat lah panjang dan banyak tahap tahap nya seperti di bawah.

Crawling suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawleratu spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Processing Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “pengertian seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “pengertian seo” kedalam request pencarian dengan halaman lain nya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

Calculating Relevancy Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang di inputkan kedalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Retrieving Result Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan kedalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Setiap bulan nya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian.

Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang di inputkan.

Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.

Panjang bukan penerapan seo, untuk belajar seo sendiri tidak cukup 1 jam butuh kesabaran, kamu bisa juga menerapkan teknik seo sederhana untuk pemula cara ini cukup mudah di pahami sekian terimakasih.

Baca Artikel tentang SEO Lainnya:

1 Komentar untuk "Apa Itu SEO? Manfaat dan Cara Kerja SEO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel